No comments yet

Kebangkitan Kristus

By: Rev. Kristianto Hosea

Menjelang Paskah tahun ini kita sungguh mengucapkan banyak terima kasih kepada Tuhan yang sangat mengasihi kepada kita orang berdosa ini. Ia datang ke dalam dunia ini untuk mati oleh karena dosa-dosa kita. Ia mati di atas kayu salib dan hari ketiga Ia bangkit dari kematian. Rasul Paulus berkata, “Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu” (1 Kor 15:14). Oleh sebab Kristus telah bangkit dari kematian maka kita yang percaya kepada-Nya tidak sia-sia dan memberitakan Injil Kristus pun tidak sia-sia. Kristus telah bangkit dan memberikan kemenangan didalam hidup kita.

Apakah kemenangan itu?

 

Kebangkitan-Nya Mengalahkan Dosa

Setiap orang yang berdosa adalah budak dosa dan dosa berkuasa di atas dirinya (Yohanes 8: 34), “Kata Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa adalah hamba dosa.”

Tujuan Kristus datang ke dalam dunia ini adalah untuk menyelamatkan kita orang yang berdosa bebas dari kuasa dosa. (Yohanes 8: 36) “Jadi Anak itu (Yesus Kristus) memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

Dan sekarang kita bukan budak dosa lagi, melainkan menjadi anak-anak Tuhan didalam Kristus, yaitu kuasa dosa sudah lenyap dan kuasa menjadi anak- anak Tuhan ada didalam hidup kita. (1 Yohanes 1:12) “Tetapi semua orang yang menerima-Nya (Kristus Yesus) diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.”

KebangkitanNya mengalahkan maut

Firman Tuhan berkata, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 6:23) Setiap orang yang berdosa upahnya adalah maut, dan maut inilah yang sangat menakutkan hidup kita, yaitu hukuman yang kekal di dalam api neraka.

Maka melalui kebangkitan Kristus hidup kita diberikan kemenangan atas kuasa maut dan hidup kita di dalam Kristus memperoleh hidup yang kekal. (1 Korintus 15 : 55-57) “Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut di manakah sengatmu? Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah Hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.”

Kebangkitan-Nya mengalahkah Iblis

Iblis adalah penguasa-penguasa dunia yang gelap ini. (Efesus 6 :12) “Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah- pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”

Tidak ada seorangpun yang berdosa di dalam dunia ini dapat mengalahkan kuasa Iblis. Dan sesama manusia yang berdosa takluk di bawahnya. Hanya Anak Allah, Yesus Kristus datang ke dalam dunia ini untuk mengalahkan kuasa Iblis. Dan melalui kebangkitanNya, kita diberikan kemenangan atas kuasa Iblis. (1 Yohanes 3: 8) “Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.”

 

Akhir kata, kebangkitan Kristus dari kematian memberikan kemenangan kepada kita atas kuasa dosa, kuasa maut, dan kuasa Iblis. Kita harus dengan hati yang penuh mengucap syukur kepada-Nya dan membalas segala cinta kasih-Nya. Dan bagaimana membalas segala cinta kasih dan segala kebaikan-Nya kepada kita?

Biarlah mulai hari ini hidup kita mentaati segala kehendak-Nya dan menyenangkan hati-Nya serta memuliakan nama-Nya dan memberikan Injil kemanangan Kristus yang bangkit ke seluruh dunia ini sampai bertemu Dia muka dengan muka di Surga.

Comments are closed.