No comments yet

Ciri Ciri orang Kristen yang bertumbuh

By. Pdt. Muk Fam

Surat  Filipi adalah surat ditulis oleh Paulus didalam penjara kepada jemaat  di Filipi . Surat ini  bersifat sangat pribadi yang dimana kita bisa baca keakraban hubungan Paulus dengan orang percaya di jemaat Filipi. Dalam surat ini kita bisa lihat Paulus banyak mengutarakan kehidupan kerohanian dia dan juga mendorong agar  orang percaya di jemaat Filipi lebih bertumbuh dalam kerohanian. Sebab itu dalam tulisan ini akan saya bahas  keseluruh surat Filipi secara berseri dengan tema : Ciri Ciri orang Kristen yang bertumbuh.

Kali ini kita akan melihat tema ini dari surat Filipi pasal 1:1-11

1:1 Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken.

1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

1:3 Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu.

1:4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

1:5 Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini.

1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

1:7 Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil.

1:8 Sebab Allah adalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian.

1:9 Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,

1:10 sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

1:11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

1.     Seorang Kristen yang bertumbuh adalah seorang yang rendah hati.

Kita semua orang akan mengaku dan tahu melalui isi alkitab Paulus adalah seorg yang bertumbuh.  Sebab itu dalam ayat 1 kita lihat ada 2 hal menyatakan Paulus itu rendah hati.

Pertama, Ia menyebut dirinya sebagai ‘hamba Kristus Yesus’ (ayat 1 A)
Ayat pertama mulai dari surat nya dia memperkenalkan dirinya adalah hamba Kritus. Hamba disini adalah budak. Pada waktu itu istilah ini bukan seperti sekarang kita dengar seorang pendeta atau pelayan selalu menyebut dirinya  adalah hamba Tuhan. Diwaktu Paulus mengatakan dia adalah hamba berarti dia adalah budak  Kristus, artinya dia mau melayani Tuhan apa yg Tuhan inginkan tidak dengan  kehendak dirinya melainkan taat total,  tidak ada tawar menawar apa Tuhan mau dia lakukan. Dia sesungguhnya bisa mengatakan dia adalah pendiri jemaat Filipi. Karena memang dalam kisah rasul rasul pasal 16 mencatat dia yang memulai pelayanan jemaat Filipi baru kemudian ada  jemaat Filipi , tapi dia mengatakan dia adalah hamba Kristus, ini tandanya dia seorang yg rendah hati. Inilah ciri ciri seorang Kristen yg bertumbuh.

Kedua, Ia menyejajarkan diri dengan Timotius (Ayat 1A)
Dalam permulaan surat ini dia menyebut  nama Timutius dengan dirinya yang menulis surat ini. Apakah memang mereka berdua bersama  menulis surat ini. Ada tabsiran mengatakan mungkin Timotius yg mencatat sebagai juru tulis Paulus . Kalau memang Timotius yang mencatat dia bisa mengatakan surat ini Timotius yg mencatat tidak perlu mengatakan dari Timotius. Ini berarti dia menjajarkan  dirinya dengan Timotius    Secara kerohanian maupun secara jasmani serta umur,  pengalaman dan kepintaran  Paulus jauh lebih senior dari Timotius. Tidak perlu dia menjajarkan dirinya dengan Timotius. Tapi dia melalukan ini menandakan dia sangat rendah hati menghargai dan  menghormati rekan kerja. Ini ciri ciri  seorang seorang Kristen yang bertumbuh.

2. Seorang yang  mengasihi jemaat ( ayat 7-8).

Dalam ayat 7 dan 8 kelihat Paulus begitu mengasihi jemaat Filipi dia mengatakan kepada mereka : ……sebab kamu ada di dalam hatiku ,  Sebab Allah adalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian.
Diwaktu Pulus menulis surat, dia didalam penjara, yaitu dia dalam kesusahan. Biasanya orang dalam kesusahan mau minta orang mengasihi dia serta  mengasihani dia, tapi Paulus dalam keadaan susah serta tahu ajalnya sudah hampir sampai ia masih ingat dan merindukan  akan sdr seiman. Kapan kita mulai bisa mengasihi orang lain, anak kecil tidak bisa, anak kecil  selalu mau dikasihi mau diperhatikan, tapi diwaktu seorang sudah bertumbuh dewasa baru dia bisa memikirkan orang lain serta mengasihi orang lain. Kita akan mengetahui apakah kita  sudah bertumbuh atau belum. Kalau kita masih mau dilayani, dikasihi mungkin kita masih anak kecil belum bertumbuh,belum dewasa. Ciri ciri Kristen yang bertumbuh adalah mengasihi orang lain lebih dari dirinya sendiri.

3. Seorang pendoa syafaat( ayat 3-6; 9-11).

Dalam ayat 3-6 dan 9-11 mencatat Paulus berdoa syafaat untuk jemaat Filipi. Apa itu doa syafaat? Doa syafaat adalah doa untuk orang lain.
Ada banyak orang Kristen egois hanya doa untuk diri,  keluarga sendiri, pekerjaan diri sendiri, itu menandakan dia masih anak kecil, belum bertumbuh. Tapi orang dewasa yang telah bertumbuh dia akan memperhatikan orang lain. Paulus jarang berdoa untuk dirinya. Dia pernah minta orang lain berdoa untuk dia, dia lebih banyak berdoa untuk jemaat untuk keperluan orang lain, untuk penginjilan untuk jiwa jiwa yg tersesat untuk memperluas kerajaan Allah. Apakah kita seorang pendoa syafaat. Berdoa untuk untuk penginjilan, kerajaan Allah serta pelayanan Tuhan? Kalau saudara sering melakukan nya, itu artinya kita seorang Kristen yang  sedang bertumbuh. Sudah berapa lama kita jadi orang Kristen atau telah mengaku sebagai orang percaya, lalu apakah kita sudah bertumbuh dalam kerohanian?

3 ciri pertumbuhan rohani  diatas yang dari Paulus sendiri sebagai satu cermin bagi kita yaitu seorang yg rendah hati, seorang yang  mengasihi jemaat, seorang pendoa syafaat. Kiranya kita telah memilikinya,  jika belum minta pertolongan  Allah agar firman Tuhan mengubah kita jadi seorang Kristen yang bertumbuh sehingga menjadi dewasa memuliakan Tuhan. Amin!

Comments are closed.